Rabu, 15 November 2017

Tugas 5


Pasar dan Perdagangan

Pasar 
Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakukan transaksi ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan berbagai faktor produksi yang lainnya. 

Orientasi Pasar
Yaitu macam - macam konsep yang mempengaruhi aktivitas pemasaran. Menurut Philip Kotler, terdapat lima konsep yang satu sama lain saling melengkapi yang merupakan landasan bagi kegiatan pemasaran perusahaan dan organisasi - organisasi lain. Adapun konsep tersebut adalah:
  1. Konsep produksi
  2. Konsep produk
  3. Konsep penjualan
  4. Konsep pemasaran
  5. Konsep kemasyarakatan
Perusahan yang menggunakan orientasi pasar adalah perusahaan perbankan. Pada perusahaan perbankkan yang menjadi produk adalah berupa jasa. Dalam memberikan pelayanan, pihak bank berusaha untuk memberikan suatu kondisi yang nyaman dan rasa aman dalam menitipkan uang mereka pada bank tersebut. Pemanfaatan teknologi yang terus berkembang menjadi salah satu langkah yang diterapkan dalam sektor perbankkan. Teknik antri yang cepat dan tertib juga menjadi daya tarik tersendiri, bisa kita bandingkan antara bank satu dengan yang lainnya yang menggunakan teknik antri teratur dengan bank dengan sistem antri sedikit kacau. Nasabah menjadi cenderung malas mendatangi bahkan menggunakan jasa dari bank tersebut, karena dari hal kecil tapi berakibat besar tersebut saja tidak bisa diatasi dengan baik. Banyak hal yang bisa dilihat dari pelayanan yang diberikan pada sektor perbankkan, yang didapatkan dengan melihat faktor-faktor yang diinginkan  oleh para nasabah dari hal terkecil yang tidak diduga sama sekali oleh costumers itu sendiri. Alasan perbankkan menggunakan orientasi pasar adalah untuk memuaskan nasabahnya, agar tidak berpaling pada pesaingnya dengan terus meningkatkan pelayanan kepada nasabahnya. Berhasil tidaknya nasabah menggunakan jasa bank, akan sangat dipengaruhi dari hasil pelayanan petugas yang berada di jajaran front office yang akan memberikan pelayanan secara langsung kepada nasabah.

Perdagangan 
Perdagangan atau perniagaan adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa atau keduanya yang berdasarkan kesepakatan bersama bukan pemaksaan. Pada masa awal sebelum uang ditemukan, tukar menukar barang dinamakan barter yaitu menukar barang dengan barang. Pada masa modern perdagangan dilakukan dengan penukaran uang. Setiap barang dinilai dengan sejumlah uang. Pembeli akan menukar barang atau jasa dengan sejumlah uang yang diinginkan penjual.

Kejujuran Kunci Keberhasilan dalam Berdagang
Ada banyak alasan mengapa seseorang yang tidak mengutamakan kejujuran, akan membuat rugi dan bangkrut sebelum mereka bisa sukses. Selain itu ada dampak negatif yang menyerang diri si pelaku, yaitu ketidaknyamanan hati mereka dalam setiap kondisi. Hal inilah yang kadang mendasari orang yang tidak jujur selalu cemas, gelisah, dan jauh dari kebenaran. Walaupun mereka diingatkan, mereka akan terus menerus melakukan kesalahan, walaupun dirinya terus tersiksa dengan ketidaksenangan hidup. Seseorang yang jujur dalam melakukan perdagangan akan sukses karena akan mendatangkan kepercayaan dari pembeli sehingga pembeli tersebut bisa saja akan kembali lagi/menjadi pembeli tetap karena telah percaya pada sang pedagang. Saat kita selalu menjaga kejujuran dalam segala hal, akan ada banyak relasi atau hubungan baik antara sesama pelaku usaha. sehingga pencitraan baik kita dimata semua orang lebih terbuka lebar. Dengan relasi inilah kita bisa mendapatkan apa yang tidak kita punya yang dapat mengembangkan bisnis kita kedalam urusan yang lebih besar lagi.

Customer Relationship Management 
Manajemen Hubungan Pelanggan (bahasa Inggris: Customer Relationship Management disingkat CRM) adalah suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di mata para pelanggannya.
Pengertian lain mengatakan bahwa CRM adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).
Pengusaha perlu menerapkan CRM karena tanpa memelihara loyalitas dan tanpa adanya hubungan baik antara customer dengan pihak perusahaan, bisa dipastikan bila pemasaran yang dijalankan kurang bekerja secara maksimal dan roda bisnis yang dijalankan belum berhasil memenangkan persaingan pasar yang semakin hari semakin ramai. Karenanya, sebuah perusahaan membutuhkan strategi customer relationship management untuk mempertahankan kejayaan bisnisnya dalam jangka waktu yang cukup lama.
Secara umum CRM memiliki fungsi untuk mendekatkan konsumen dengan para pelaku usaha. Oleh sebab itu, konsep CRM yang dibangun harusnya bisa memancing rasa penasaran para konsumen dan meningkatkan kecintaan mereka terhadap merek atau brand perusahaan yang dkembangkan. Selain itu, CRM juga berfungsi sebagai alat penghubung bagi perusahaan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan para pelanggan, serta memahami permasalahan apa saja yang banyak dikeluhkan konsumen.
Keuntungan Menerapkan CRM 
1. Menjaga pelanggan yang sudah ada
2. Menarik pelanggan baru
3. Cross Selling: menjual produk lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya.
4. Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi (gold card vs. silver card).
5. Identifikasi kebiasaan pelanggan untuk menghindari penipuan
6. Mengurangi resiko operasional karena data pelanggan tersimpan dalam satu system.
7. Respon yang lebih cepat ke pelanggan
8. Meningkatkan efisiensi karena otomasi proses
9. Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan peluang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perlindungan Konsumen, Antimonopoli dan Persaingan Tidak Sehat serta Penyelesaian Sengketa

Perlindungan Konsumen Pengertian Perlindungan Konsumen Perlindungan Konsumen adalah keseluruhan asas-asas dan kaidah-kaidah ...