Selasa, 21 November 2017

Tugas 6

Organisasi 

Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian sehingga merupakan kesatuan yang teratur serta hubungan-hubungan yang melalui orang-orang dibawah pengarahan manajer dan tujuan bersama dalam bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama dan suatu system kegiatan kerjasama dari dua orang atau lebih dengan tidak bersifat perseorangan.

Organisasi penting dalam bisnis karena organisasi bertujuan untuk : 
1. Mewujudkan cita-cita atau tujuan dari organisasi dalam hal bisnis
2. Mempersatukan personal-personal yang memiliki kesamaan tujuan.
3. Organisasi sebagai alat untuk mempermudah, mempercepat tercapainya target tujuan dalam bisnis.
4. Merencakan strategi dalam mencapai keuntungan dalam berbisnis.
5.Mengatur masing-masing tugas pokoknya masing-masing individu. Dan setiap masing-masing bertanggung jawab atas pekerjaannya.
6. Pengawasan, yaitu agar semua individu dapat bergerak beriringan. Bersama-sama di waktu yang sama dan tempat yang telah disepakati bersama dalam rangka mencapai tujuan.
7. Laporan adalah hasil berjalannya roda organiasi selama waktu yang telah ditentukan. Saat laporan, seorang pelapor dalam hal ini sekretaris harus mengungkapkan sejelas-sejelasnya kondisi organiasi, Baik itu terpuruk, atau mengalami kemajuan. Hakikat dari laporan adalah menyampaikan data riil di lapangan untuk melihat  kondisi sebuah bisnis.
8. Kejelasan Tanggung Jawab. Dalam sebuah organisasi, anggota dalam organisasi tersebut wajib bertanggung jawab terhadap apa yang harus dipertanggungjawabkan. Struktur organisasi memberikan gambaran secara jelas mengenai pertanggungjawaban kepada pimpinan atau atasan yang telah memberikan kewenangan, karena selanjutnya pelaksanaan kewenangan tersebut harus dipertanggungjawabkan.
9. Kejelasan Kedudukan. Kedudukan setiap orang dalam perusahaan, terlihat pada struktur organisasi yang sebenarnya mempermudah dalam melakukan koordinasi, karena adanya keterkaitan penyelesaian pekerjaan terhadap suatu fungsi yang dipercayakan pada seseorang.
10. Kejelasan Tugas. Penyelesaian terhadap uraian tugas pada perusahaan yang terlihat dalam struktur organisasi, sangat membantu pada pihak pimpinan untuk melakukan pengawasan dan pengendalian kinerja bawahan. Untuk bawahan sendiri, kejelasan tugas akan membuat konsentrasi terhadap pelaksanaan suatu pekerjaan karena uraiannya yang jelas. 

Berkembangnya suatu bisnis tentu saja akan memperbanyak masalah dalam organisasi karena pekerjaan organisasi menjadi bertambah, dan karena bisnis berkembang maka targetpun ikut berkembang jadi organisasi harus bekerja keras dalam mencapai target tersebut. Masalah yang biasanya timbul adalah :
1. Batasan pekerjaan yang tidak jelas
2. Hambatan komunikasi
3. Tekanan waktu
4. Standar, peraturan dan kebijakan yang tidak masuk akal
5. Pertikaian antar pribadi
6. Perbedaan status
Permasalahan sering kali muncul pada suatu organisasi dan di tuntut oleh anggotanya untuk melewati dan menyelesaikannya. Permasalahan yang  kompleks  sering  terjadi pada perusahaan-perusahaan yang pada akhirnya secara tidak langsung menuntut seorang menejer untuk membuat sebuah keputusan. Hubungan antara organisasi dan perkembangan bisnis tidak dapat dipisahkan, karena agar bisnis dapat berjalan dengan sukses maka perlu diorganisasikan.

Bentuk - Bentuk Organisasi 
1. Organisasi Garis
Organisasi Garis adalah tipe organisasi yang tertua dan paling sederhana. Dalam organisasi garis, tugas-tugas perencanaan, pengendalian dan pengawasan berada satu tangan garis kewenangan (line authority) langsung dari pimpinan kepada bawahan. Bentuk organisasi diciptakan oleh Henry Fayol



2. Organisasi Fungsional
Organisasi dengan bentuk ini merupakan suatu organisasi yang berdasarkan pembagian tugasnya serta kegiatannya pada spesialisasi yang dimiliki oleh pejabat-pejabatnya. Organisasi ini tidak terlalu menekan hilarki sturtural, tetepai lebih pada sifat dan pungsi yang perlu dijalankan.
Dalam organisasi ini seorang bawahan dapat menerima beberapa instruksi dari beberapa pejabat serta harus mempertanggung jawabkannya pada masing-masing pejabat yang bersangkutan.


3. Organisasi Lini dan Staf
organisasi ini merupakan organisasi gabungan yang di kembangkan oleh Harrington Emerson. Struktur ini umumnya di gunakan oleh organisasi yang besar, daerah kerja luas, bidang tugas yang beraneka ragam dan jumlah bawahan yang banyak sehingga pimpinan tidak bisa bekerja sendiri, melainkan memerlukan bantuan staf. Staf adalah orang ahli dalam bidang tertentu yang bertugas memberi nasihat dan saran kepada pimpinan dalam organisasi tersebut.

4. Organisasi Komite
Suatu organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu lainnya dilaksanakan secara kolektif.
Organisasi komite terdiri dari :
Executive Committee ( Pimpinan Komite), yaitu para anggotanya mempunyai wewenang lini.
Staff Committee, yaitu orang – orang yang hanya mempunyai wewenang staf.

5. Organisasi Lini dan Fungsional

Organisasi Lini dan Fungsional adalah organisasi yang masing-masing anggota mempunyai wewenang yang sama dan pimpinannya kolektif. 




6. Organisasi Matriks
Struktur Organisasi Matriks (Matrix Structure Organization) merupakan kombinasi dari Struktur Organisasi Fungsional dan Struktur Organisasi Divisional dengan tujuan untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada kedua bentuk Struktur Orgnisasi tersebut. Struktur Organisasi Matriks ini sering juga disebut dengan Struktur Organisasi Proyek karena karyawan yang berada di unit kerja fungsional juga harus mengerjakan kegiatan atau tugas proyek-proyek organisasi yang ditugaskan kepadanya. Struktur Organisasi Matriks ini mengakibatkan terjadinya multi komando dimana seorang karyawan diharuskan untuk melapor kepada dua pimpinan yaitu pimpinan di unit kerja Fungsional dan pimpinan proyek. Struktur Organisasi ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang berskala besar atau perusahaan-perusahaan multinasional.





2 komentar:

  1. Casino Nightclubs & Bars - Mapyro
    Located in Las Vegas, 상주 출장마사지 Casino Nightclubs & Bars 과천 출장샵 are open 24 hours a day, 7 days a week. See 경주 출장안마 all 순천 출장마사지 of their upcoming events here at 당진 출장안마 Mapyro

    BalasHapus

Perlindungan Konsumen, Antimonopoli dan Persaingan Tidak Sehat serta Penyelesaian Sengketa

Perlindungan Konsumen Pengertian Perlindungan Konsumen Perlindungan Konsumen adalah keseluruhan asas-asas dan kaidah-kaidah ...